Mungkin kita orang indonesia, sebagian besar sudah tidak asing lagi dengan biaya hidup murah. Misalnya untuk bisa membuat perut kita kenyang saja, kita hanya cukup mengeluarkan uang RP 10.000 saja dan membelinya di warung nasi atau warteg, atau untuk mengsiasati mahalnya harga pakaian pakaian yang bermerk dan berkualitas, kita bisa membelinya di emperan atau pasar pasar barang loak. Nah beriktut ini 3 produk indonesia yang menjadi mahal di luar negeri.

1. Tempe

Tempe memang selalu identik dengan makanan bagi kalangan kelas menengah kebawah. Namun siapa sangka, jika tempe sangat mahal dan menjadi highclass. Makanan berbahan kacang kedelai ini biasa kita beli dengan harga RP 2000, tapi di luar negeri..orang orangnya harus mengeluarkan uang sebanyak RP 25.000 dengan ukuran kecil. Terbukti tempe kini sudah beredar di eropa, amerika, dan jepang.

2. Sendal Jepit

Biasanya sendal jepit swalow ini, bisa kita beli dengan harga RP 12.000. namun diluar negeri harus dibeli dengan harga RP 250.000. kepopuleran sendal jepit swalow bertambah, karena seorang artis boy band korea yang bernama sehun memakainya saat berkunjung ke indonesia, thailand, dan china.

3. Gorengan

Orang indonesia mana yang tidak suka memakan gorengan. selain rasanya enak, harga murah juga menjadi alasan mengapa tak ada orang indonesia yang tidak suka gorengan. Mungkin kita bisa membelenya dengan harga 2000 udah dapat 3 gorengan. Tapi  di belanda, harga gorengan bisa di beli sekitar RP 65.000 per gorengan.

Demikian yang dapat saya sampaikan..semoga artikel ini dapat membuat kita makin cinta dan bangga dengan produk indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *